Saturday 8 August 2015

PINTAR BACA AL QUR'AN 3


Assalamualaikum wr wb


    Halo sobbat jangan bosan bosan ketmu saya ya... Ayo kita belajr lagi agar bacaan al quran kita tambah hari tambah bail besok kalu sudah punya anak bisa membelajari sendiri. Kemaren kita sudah mwmbahas 2 pasal..
 1.nun sukun dan tanwin
 2.hukum miem sukun
 Sekarang aku mau melanjutkan kepasal yang ke3

                                    ====================pasal 3=====================

Ada sebab pasti ada akibatnya bro.hukum itu juga berlaku untuk tajwid kok,kalau manusia terpecah itu sudah pasti ada yang salah/kalah hihihihihihi,tapi kalau idghom yang terpecah itu beda sob. Ini akibantnya.... Gara gara setiap huruf hijaiyah berbeda beda sifat dan mahrojnya akibatnya idghom terpecah menjadi 3 macam..
 1.IDGHOM MUTAMATSILAIN
 2.IDGHOM MUTAJANISAIN
 3.IDGHOM MUTAQORIBAIN

=== PENJELASANNYA

1.IDGHOM MUTAMATSILAIN itu artinya dua sama, Adalah apabila ada dua huruf yang sam dan bertemu,yang pertama sukun dan yang kedua berkharokat maka cara bacanya seperti tasydid/huruf pertama ditasydidkan kehuruf yang kedua...FAHAM GA???ULANGI BACA INI SAMPAI 10X sambil diresapo dan dihayati ya sob

2.IDGHOM MUTAJANISAIN artinya sejenis. Adalah apabila ada huruf yang pertama sukun dan yang dua berkharokat,kedua dua huruf tsb sama mahroj tapi beda sifatnga maka cara bacanya menganggap hilang huruf yang disukun dan lengsung memasullan huruf yang kedua.

3.IDGHOM MUTAQORIBAIN artinya berdekatan Adalah huruf yang berdekatan mahrojny,sifatnya dan berhadap hadapan.yg pertama sukun dan kedua berkharokat.cara bacanya didghomkan atau ditasdidkan ... Contoh conyohnya... Idghom mutamatsilain إضرب بعصاك Idghom mutajanisain امنت طا ءفة Idghom mutaqoribain يلهث ذلك Sekian ulasannya sob,semoga bermanfaat dan bisa dimengerti dengan baik

Wassalamu alikum wr wb

No comments:

Post a Comment